Penerapan Teknik Peta Pikiran (MIND MAP) Terhadap Minat Siswa Membaca Cerita Pendek di MTs. Nurul Ummah Bogor

Furi Indriyani, Dini Setyorini, Helina Apriyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh penerapan tekhnik peta pikiran (Mind Map) terhadap minat siswa dalam membaca cerita pendek. Penelitian ini melibatkan tiga puluh lima siswa kelas VIII-1 Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah Bogor sebagai responden. Untuk menentukan responden, penulis menggunakan metode purpossive sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan jumlah 24 pernyataan. Pernyataan tersebut terbagi menjadi 2 kategori, 12 butir untuk pernyataan positif dan 12 butir untuk pernyataan negatif. Pengaruh teknik peta pikiran terhadap minat baca siswa tergolong baik. Hal ini dibuktikan dengan persentase yang tinggi pada pernyataan positif yaitu sebanyak 37,86% menyatakan sangat setuju, 49,76% menyatakan setuju, 10,71% menyatakan kurang setuju, dan 1,67% menyatakan tidak setuju, maka dengan teknik peta pikiran siswa akan semakin berminat membaca cerita pendek. Sedangkan pada pernyataan negatif dengan persentase sebanyak 44,29% menyatakan tidak sutuju, 43,81% menyatakan kurang setuju, 8,57% Menyatakan setuju, dan 3,33% menyatakan sangat setuju. maka siswa semakin berminat untuk membaca cerita pendek. Dengan demikian, terlihat adanya ketertarikan siswa membaca cerita pendek menggunakan teknik peta pikiran (Mind Map).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.