SISTEM PAKAR DETEKSI KECERDASAN BAKAT PADA ANAK USIA 6-12 TAHUN BERBASIS WEB

Asti Herliana, Anggi Arisandi

Abstract


Abstrak
Bakat yang dimiliki oleh seorang anak dapat terlihat sejak usia dini. Jika terarahkan dengan baik, maka kelak bakat yang dimiliki oleh seorang anak akan mampu membawa anak tersebut untuk membentuk karakter dan bahkan dapat menentukan profesi apa yang akan digeluti oleh seorang anak agar bisa sukses. Deteksi bakat kecerdasan anak ini sering kali diabaikan oleh para orang tua. Hal ini sering menyebabkan profesi dan kecerdasan yang diambil oleh seorang anak justru hanya mengikuti ambisi dari orang tuanya. Tidak sedikit anak usia remaja menjadi kehilangan jati diri karena harus memilih kecerdasan yang dikatakan oleh orang tua mereka ketimbang memilih kecerdasan dasar yang dimiliki oleh anak tersebut. Hal ini yang memicu banyaknya anak yang tingkat intelektual dan kreatifitasnya menjadi tidak berkembang. Pada penelitian kali ini, dilakukan sebuah perancangan aplikasi sistem pakar untuk mendeteksi kecerdasan minat bakat anak untuk usia 6-12 tahun. Hal ini dimaksudkan agar pada usia sekolah dasar, seorang anak dapat lebih mengenali kecerdasan apa yang dimiliki juga minat bakat apa yang dimiliki untuk dijadikan referensi pemilihan keahlian untuk
masa yang akan datang. Aplikasi yang dihasilkan merupakan aplikasi sistem pakar berbasis web yang menggunakan metode forward chaining sebagai metode dalam menentukan kecerdasan yang dimiliki oleh seorang anak berdasarkan beberapa asumsi yang ada. Aplikasi ini, selain dapat membantu seorang anak, juga dapat membantu guru di sekolah dan orang tua dirumah untuk mengarahkan anak-anak sesuai kecerdasan, minat dan bakat dasar yang dimiliki oleh seorang anak.

Keywords: Sistem pakar, deteksi , kecerdasan minat bakat anak, website, Forward Chainning.

 


Full Text:

Tidak berjudul

References


Adistya, M. C. (2011). Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Anak

Usia 5-10 Tahun. SNASTI, 13-16.

Anjani, D. A., & Nurjanah, S. (2014). Permainan Puzzle Mempengaruhi Perkembangan Kecerdasan Visual Spatial Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al-Fath Desa Keboan Anom Gedangan Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Kesehatan Vol.7 No.2, 186-192.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Maharani, D., & Anna, L. K. (2015, Oktober

. 8 Jenis Kecerdasan Anak dan Cara Mengembangkannya. Retrieved

from health.kompas.com:http://health.kompas.com/read/2015/ 10/03/174041923/8.Jenis.Kecerdasan.Anak.dan.Cara.Mengembangkannya

Suryabrata, S. (2004). Psikologi Pendidikan.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Utami, T. (2015). Memahani Kecerdasan Majemuk Anak Guna Mengoptimalkan Strategi Pembelajaran yang Sesuai dengan Perkembangannya Melalui Identifikasi Dini. Seminar Nasional Pendidikan "Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan (pp.

-435). Ponorogo: FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Wibowo, T. (2017, Februari 27). Membangun Karakter Sejak Pendidikan Anak Usia Dini. Retrieved from www.pendidikankarakter.com:http://www.pendidikankarakter.com/m

embangun-karakter-sejakpendidikan-anak-usia-dini/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.